Kisah cinta dan lain-lain

Karya Arifin C. Noer

 

http://ibnuanwar.files.wordpress.com/2008/05/arifin-c.jpgMEWAH, MUSIK SEBUAH RUANG TENGAH DARI SEBUAH RUMAH YANG SANGAT SEPI. PINTU KAMAR ITU TERTUTUP, RUANG LENGANG

OTONG LEWAT. PINTU KAMAR ITU TERBUKA TUAN MANTO DAN DOKTER X MUNCUL

 

TUAN

Tak ada jalan lain, dokter?

 

DR.X (menggeleng)

 

TUAN

Mungkin ada, mungkin ada dokter lain yang bisa menolong?

 

DR.X

Hasilnya akan sama. Ini bukan semata penyakitnya yang memang sangat parah, tapi juga usianya yang sudah sangat tua. Dan lagi dia tak punya sedikitpun semangat dan kemampuan untuk hidup.

 

TUAN

Barangkali saya yang salah. Kami agak terlambat menghubungi barangkali

 

DR.X

Saya kira tuan dan Nyonya sudah cukup berusaha seperti jua saya. Nah tuan, saya kira sudah waktunya saya pergi. Saya harap tuan dapat menghibur hati Nyonya supaya tabah.

 

TUAN

Terima kasih dokter

 

DR.X

Selamat sore tuan

 

TUAN

Selamat sore

 

Dr.X DAN TUAN MANTO EXIT.

PINTU TERBUKA NYONYA MUNCUL DALAM TANGIS, TUAN MUNCUL LALU MENGHAMPIRI

 

TUAN

Sudahlah

 

NYONYA

Kau harus dapat menyembuhkan. Kau tau saya sangat sayang kepadanya.

 

TUAN

Apalagi yang harus saya perbuat?

 

NYONYA

Saya tidak peduli

 

TUAN

Sudah dua orang dokter

 

NYONYA

Bila perlu seluruh dokter hewan yang ada. Saya tidak perduli dengan apa yang akan kau perbuat ( diam ). Kau jangan diam saja.

 

TUAN (meledek).

Apa saya banting saja dia?

 

NYONYA

Kasarnya (menjerit, menangis) (lalu exit)

 

TUAN

Maar saya bingung (menghampiri exit)

 

WEKER MENUNJUKKAN JAM OTONG MEMUTAR JAM ITU LALU EXIT

PINTU TERBUKA, DOKTER Y. MUNCUL LALU EXIT, LALU TUAN DAN NYONYA MUNCUL

 

NYONYA

dia memang dokter paling bodoh yang ada di Jakarta ini. Kenapa kau panggil dokter pandir itu?

 

TUAN

Siapa lagi kenalan kita? Professor Marjo?

 

NYONYA

Ya, orang tua itu pasti bisa menolong nyawanya, apa Nyonya   Dia memang dokter paling bodoh yang ada di Jakarta ini. Kenapa kau panggil kau percaya pada mulut dokter swasta tadi? Bahwa umurnya tinggal satu jam

 

TUAN

Tak tau lah ( exit )

 

TERDENGAR SUARA TUAN MANTO MENGHUBUNGI PROFESSOR MARJO LEWAT TELEPHON

NYONYA

Willem !

 

WILLEM (muncul)

ya, Nyonya

 

NYONYA

Buatkan bubur, sop sudah masak?

 

WILLEM

Sudah NYONYA.

 

NYONYA

Dagingnya sudah hancur?

 

WILLEM

Dagingnya juga sudah, Nyonya

 

NYONYA

Bawa saja sup itu kekamar dulu. Juga susunya

 

WILLEM

Saya Nyonya (exit)

 

TUAN MUNCUL

 

NYONYA

Bagaimana?

 

TUAN

Sebentar lagi dia datang

 

NYONYA

Dia pasti datang

 

TUAN (memotong dengan keras)

OTONG!

 

OTONG (muncul)

ya, Tuan.

 

TUAN

Siapa yang mematikan AC itu?

 

OTONG

Saya tuan

 

TUAN

Bangsat!!

https://i2.wp.com/i416.photobucket.com/albums/pp246/marciolimas/Download.gif

Tinggalkan Balasan

